Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bandung Masuk Jadi Salah Satu Kota Termacet di Asia

Macet di Bandung
Sumber :

100kpj – Seandainya menyebut kata macet, kota pertama yang terlintas di kepala masyarakat Indonesia adalah Jakarta. Di kawasan metropolitan tersebut, seluruh ruas jalannya selalu ramai dipadati pengguna kendaraan. Baik itu pagi maupun malam hari.

Macet di Jakarta

Namun, kemacetan yang acap terjadi di Jakarta, rupanya tak separah yang ada di Bandung, Jawa Barat. Melansir laman The Asean Post, seperti dikutip Senin 7 Oktober 2019, Asian Development Bank atau ADB baru saja merilis daftar 45 negara dengan tingkat kemacetan tertinggi di kawasan Asia.

Hasilnya, Bandung berada di peringkat ke-14 atau yang tertinggi dibandingkan kota di Indonesia lainnya. Sedang Jakarta berada di urutan 17, kemudian di bawahnya ada Surabaya yang menduduki posisi ke-20 sebagai kota termacet di Asia.

Macet di Bandung

Studi tersebut melibatkan 278 kota dengan mengukur ongkos kemacetan, dan memfokuskannya pada waktu yang hilang dalam perjalanan seseorang. Kemudian biaya operasional kendaraan dan juga tingkat polusi udara. Informasi tambahan pun dikumpulkan melalui data perjalanan yang diproyeksikan Google Maps.

Berita Terkait
hitlog-analytic