Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Soal Hoki, Ini Warna Mobil yang Paling Sering Mengalami Kecelakaan

Ilustrasi Kecelakaan
Sumber :

100kpj – Pemilihan warna mobil bukan hanya selera, atau sedap dipandang mata, ada sebagian menganggap warna membawa keberuntungan. Bahkan kecelakaan di jalan raya ada hubungannya dengan warna mobil.

Bukan sekadar mitos, atau kepercayaan budaya tertentu, tapi melalui riset dari Monash University Accident Research Centre (MUARC) di Asutralia, ada beberapa warna yang beresiko besar saat di jalan raya.

Kijang Innova kecelakaan tunggal

Berdasarkan sampel kendaraan dari seluruh korban kecelakaan yang diamati oleh perguruan tinggi tersebut, termyata warna gelap seperti halnya hitam memiliki potensi besar mengalami kecelakaan di jalan raya.

Pada siang hari, mobil hitam berpotensi 12 persen mengalami kecelakaan, memasuki waktu sore hari, hingga malam angkanya melesat 47 persen, artinya resiko lebih besar ketika kondisi lingkungan minim cahaya.

Selain hitam, perak atau silver menjadi salah satu penyumbang kecelakaan tertinggi. Warna itu punya risiko kecelakaan 10 persen, dan meningkat jadi 11 persen bila tune-nya agak sedikit gelap atau cenderung abu-abu.

Kemudian urutan selanjutnya ada warna biru, merah, dan kuning yang hanya memiliki risiko 7 persen kecelakaan.

Berita Terkait
hitlog-analytic