Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebelum Aryanto, Ada Orang yang Bikin Mesin Berbahan Bakar Air Tapi Tewas Dibunuh

Stanley Mayer - Penemu Mesin Tenaga Air
Sumber :

100kpj – Kendaraan bermotor saat ini memiliki banyak alternatif energi untuk menggerakan roda, selain menggunakan bahan bakar minyak dari fosil. Diantaranya dari tenaga listrik, matahari, hingga hydrogen.

Namun popularitas kendaraan berbahan bakar sampai saat ini belum bisa tergantikan, meski sebagian sudah beralih menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai, atau hybrid.

Baca juga: Di Indonesia Diremehkan, Aryanto Misel Pencipta Bahan Bakar Air Dilirik Italia

Kendaraan berbahan bakar air

Jauh sebelum industri otomotif mengembangkan semua teknologi ramah lingkungan itu, pada 1975 ada salah satu orang Amerika berhasil membuat mesin mobil berbahan bakar air, bernama Stanley Mayer, 

Sama seperti warga Cirebon, Aryanto Misel yang bikin alat Nikuba pada 2020. Namun bedanya, Stanley Mayer nmembuat mesin fuel cell secara utuh yang menjadi jantung utama kendaraan.

Melansir laman Carthrottle, Selasa 4 Juli 2023, fuel-cell merupakan mesin yang menggunakan air sebagai tenaga penggerak. Tidak seperti bensin yang dibakar, fuel cell menggunakan konsep energi kimia dengan menghasilkan listrik melalui reaksi senyawa hidrogen dan oksigen.

Berita Terkait
hitlog-analytic