Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Intip Deretan Jalan Tol Baru yang Bisa Dipakai Liburan Nataru 2022

Jalan tol Jakarta - Cikampek
Sumber :

100kpj – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan sejumlah ruas tol tambahan khusus bakal dioperasikan dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Operasional jalan tol sudah mencapai 2.578 km dan jalan nasional (non-tol) mencapai 46.690 km.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI dan Menteri PUPR. Dia sampaikan hingga November 2022, total ada 69 ruas jalan tol.

Basuki mengatakan, secara umum kesiapan infrastruktur jalan dalam mendukung arus mudik Nataru 2023, sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga didukung dengan penambahan ruas tol beroperasi pada tahun ini, dan jalan tol yang dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran libur Nataru khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Insya Allah jalan sudah lebih bersih dari sebelumnya, dengan dilakukan peningkatan kualitas dan estetika. Khususnya di jalan tol, melalui beautifikasi di 66 ruas tol dengan total panjang 1.405 km," ujar Basuki.

Untuk Nataru sendiri, PUPR menyiapkan tambahan beberapa ruas jalan tol untuk segera dioperasikan secara fungsional, yang pertama jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 2 dan 3 dari Rancakalong-Sumedang-Cimalaka sepanjang 21 km.

Kemudian, Basuki juga menyebut ada Tol Bekasi-Cawang-Kp. Melayu (Becakayu) untuk ruas Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,8 km. Lalu ruas Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sampai dengan tahap I Ramp Junction Wringinanom 7,4 km.

Berita Terkait
hitlog-analytic