Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga BBM Pertamina Paling Mahal Masih Lebih Murah dari Shell

SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj – Harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi yang dijual Pertamina baru saja mengalami kenaikan. Seperti halnya Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Perubahan harga tersebut menyesuaikan kenaikan minyak dunia yang semakin tinggi.

Pertamax Turbo yang awalnya Rp14,500 ribu per liter menjadi Rp16,200 ribu. Dexlite dari Rp12,950 ribu per liter menjadi Rp15 ribu, dan Pertamina Dex sebelumnya Rp13,700 per liter menjadi Rp16,500 ribu.

Dalam keterangan resminya, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, bahwa kenaikan harga kedua BBM non subsidi tersebut karena mengikuti perkembangan harga minyak dunia. 

Diketahui pada Juni 2022, Indonesia crude price atau ICP senilai 117,62 dolar Amerika Serikat, lebih tinggi 37 persen dibandingkan Januari 2020.

“Porsi Pertamax Turbo dan Dex Series hanya lima persen dari total konsumsi BBM nasional,” tulis keterangannya dikutip dari website MyPertamina, Senin 11 Juli 2022.

Artinya BBM tersebut tidak terlalu diminati jika dibandingkan Pertamax, atau Pertalite yang masuk kategori subsidi. Mengingat banderolnya lebih mahal, dan biasanya Pertamax Turbo dan Dexlite digunakkan kendaraan mewah.

Berita Terkait
hitlog-analytic