Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bikin SIM A Sekarang Harus Lampirkan Sertifikat Sekolah Mengemudi

Smart SIM.
Sumber :

100kpj – Kepolisian Republik Indonesia mengesahkan peraturan baru tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Ini tertuang dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Dalam aturan baru tersebut tercantumkan bila ada ketentuan baru bagi pemohon yang mau membuat SIM A baru. Sebelumnya, pemohon hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi KTP untuk pengajuan.

Baca Juga: Rajin Solat, Pembalap Indonesia Kepergok Ambil Wudhu di Sirkuit Jerman

Tapi, kini dalam Perpol Nomor 5 tahun 2021 disebutkan bahwa harus melampirkan sertifikat yang dikeluarkan oleh sekolah mengemudi. Ini tercantum dalam Pasal 9 tentang persyaratan administrasi untuk penerbitan SIM disebutkan pemohon SIM A.

Selain itu sertifikat ini dikeluarkan paling lama 6 bulan sejak diterbitkan. Namun, polisi sendiri menjelaskan pada dasarnya syarat tersebut diberlakukan jika wilayah pemohon memiliki sekolah mengemudi yang terakreditasi.

Smart SIM.

Berikut isi Pasal 9 huruf a dalam Perpol Nomor 5 tahun 2021. Untuk penerbitan SIM Ranmor Perseorangan dan SIM Ranmor umum meliputi:

Berita Terkait
hitlog-analytic