Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Larangan Mudik Belum Berlaku, tapi Banyak yang Disuruh Putar Balik?

Pemeriksaan pemudik di jalan tol
Sumber :

100kpj – Pemerintah akhirnya secara resmi melarang masyarakat melakukan mudik, untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman bersama sanak saudara. Larangan ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, pemerintah telah membuat aturan baru terkait larangan mudik. Peniadaan mudik yang mulai diberlakukan pada 6-17 Mei 2021, diperketat dengan edaran Satgas COVID-19 tentang pengetatan syarat pelaku perjalanan dalam negeri yang berlaku mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021. 

Menurut Kombes Pol Rudi Antariksawan, Kabag Ops Korlantas Polri menjelaskan bahwa masa pra peniadaan mudik, masyarakat yang melakukan perjalanan harus melengkapi dokumen kesehatan dan perjalanan.

"Masyarakat itu dibolehkan untuk melakukan perjalanan non-mudik, jadi perjalanan yang dibolehkan itu karena ada kepentingan khusus, orang tua sakit keras, berobat, ibu hamil, persalinan dan hal-hal lain yang benar-benar dalam keadaan urgent," papar Kombes Pol Rudi, dikutip dari Viva.

Mudik

Nah, Kombes Pol Rudi mengatakan kendaraan yang diputarbalikkan adalah masyarakat yang terindikasi mau mudik, jadi tujuannya mudik, kalau yang lain yang tidak diputarbalikan adalah mereka yang ada urgensi atau perjalanan rutin," ujarnya.

Sehingga Kombes Pol rudi menambahkan esensinya itu mudik tidak boleh, sebelum itu juga (6 Mei) tidak boleh.

Berita Terkait
hitlog-analytic