Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ngeri! Ini Honda Monkey Mesin 2 Silinder Pertama di Indonesia

Honda Monkey 2 Silinder
Sumber :

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen pemegang merek motor Honda di Tanah Air resmi merilis Honda Monkey pada Juli 2019. Namun untuk mendapatkan motor mini tersebut, konsumen harus inden sampai tahun depan.

Namun bagi builder atau pembuat motor custom, tidak menjadi masalah jika ada konsumen yang ingin memiliki motor sepeti Honda Monkey. Sebab mereka bisa membuat motor tersebut dengan bentuk yang sama seperti aslinya.

Bahkan secara spesifikasi lebih menarik. Seperti yang dilakukan oleh Yusuf Adib, builder yang juga pemilik bengkel Psycho Engine. Dia berhasil membuat motor seperti Monkey, namun dipersenjatai mesin dua silinder berkapasitas 400cc. 

Honda Monkey 2 Silinder

“Motor itu punya konsumen saya orang Makassar, secara konsep mengutamakan mesinnya. Makanya saya buat motor custom selalu kecil untuk menonjolkan mesin yang berotot,” ujar pria asal Purwokerto itu kepada 100KPJ, Senin 21 Oktober 2019.

Lebih lanjut dia menjelaskan, basik jantung pacunya adalah GL 200 atau Honda Tiger. Namun dibuat menjadi dua silinder dengan kompresi ruang bakarnya masing-masing 9,5:1. Diameter kedua pistonnya standar Tiger, yaitu 63,5 mili meter.

“Ubahanya di crank case lebih lebar, ditambal ulang. Dan kruck as atau bandulnya lebih besar agar menimalisir resiko getaran. Sudut kemiringannya 53 derajat (antara blok piston), dan volumenya jadi 396cc,” tuturnya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic