100KPJ

Busi adalah 'Saksi Mata' Permasalahan di Ruang Bakar Kendaraan

Share :

100kpj – Saat kendaraan kita mogok atau bermasalah, busi kerap dituding sebagai penyebabnya. Padahal, busi adalah saksi mata dari sumber masalah kerusakan pada motor kita.

Ada banyak hal yang harus dicek dengan jelas, sebelum menyalahkan busi sebagai penyebabnya. Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, mengatakan dengan kondisi busi kita bisa tahu apa yang terjadi di ruang bakar.

“Dari sisi mata mekanik, busi adalah saksi mata. Busi bisa ngasih tahu kita bahwa ada komponen bermasalah lewat warna elektrodanya. Misalnya kalau berwarna hitam berarti ada sesuatu yang bocor," ujar Diko saat sesi coaching clinic di Tangerang Selatan.

"Jadi salah banget diartikan bahwa busi itu adalah penyebab, padahal busi bisa jadi saksi mata dan ngasih tahu ke kita ada masalah di ruang bakar,” lanjutnya, beberapa waktu lalu.

Dia menyatakan permasalahan mesin kendaraan harus dituntaskan hingga ke akar. Sebab, apabila masalah ada di mesin namun hanya busi yang diganti tentu tidak akan menyelesaikan permasalahan.

“Kalau ternyata mesinnya tidak sehat yang diperbaiki ya mesinnya, bukan businya. Bagaimanapun busi diganti mesinnya engga sehat tetap jadi trouble. Kalau mesinnya sehat, businya ikut sehat,” ujarnya.

Share :
Berita Terkait