Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Salah, Perlakuan Aki Kering dan Basah itu Tidak Sama

Aki mobil
Sumber :

100kpj – Untuk menyalakan sebuah kendaraan, tak cukup hanya dengan adanya bahan bakar saja. Sebab, membutuhkan juga arus listrik untuk bisa menghidupkan mesin dan sumbernya adalah aki.

Mau aki motor atau aki mobil, dipasaran ada terdapat dua pilihan aki yakni aki kering dan aki basah, keduanya memiliki fungsi yang sama tapi karakternya berbeda dan perlakuan juga perawatannya juga tidak sama.

Seperti dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, aki basah biasanya menggunakan wadah yang transparan. Penggunaan wadah yang semi transparan ini bertujuan untuk mempermudah pengguna mengetahui berapa kadar air aki yang masih tersisa. Air aki dapat disebut juga sebagai air zuur.

Air zuur sendiri adalah air atau cairan aki yang memiliki fungsi sebagai perendam. Cell-cell yang terkandung dalam aki akan direndam menggunakan air zuur ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa aki yang basah menggunakan wadah transparan.

Aki motor dengan QR Code.

Dalam penggunaannya, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pengecekan terhadap air aki. Apalagi cell-cell tadi harus dicek dan dipastikan sudah terendam sepenuhnya dengan air aki. Jika Anda tidak memastikannya, dikhawatirkan belum terendam dan akan berdampak pada kinerja mesin.

Apabila cell tidak terendam air aki sempurna, maka penyimpanan pada arus juga akan mengalami pengurangan. Akibatnya, akan terjadi oksidasi dan membuat lempeng cell menjadi berkarat dan kelistrikan di kendaraan menjadi tidak maksimal.

Berita Terkait
hitlog-analytic