Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Pajangan, Ini Fungsi Lampu Sein pada Sepeda Motor

Ilustrasi Lampu Sein
Sumber :

100kpj – Kendaraan baik roda empat maupun roda dua pasti memiliki lampu sein pada bagian depan maupun belakang, biasanya pabrikan sepeda motor meletakan lampu sein pada bagian yang mudah terlihat dari pemotor lain.

Biasanya keberadaan lampu sein terletak di samping kiri dan kanan lampu utama juga lampu rem, yang punya fungsi sebagai indikator bahwa motor yang kita tumpangi akan berbelok. Tentunya arah belok ini ditentukan oleh lampu sein mana yang menyala. Apakah bagian kanan atau kiri?

Selain itu seperti dilansir dalam laman Wahana Honda, ketika pengendara motor melewati jalanan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka penting untuk menyalakan lampu sein saat akan berpindah jalur. Dengan demikian, pengemudi lain yang berada di jalur yang sama dengan kita atau dari arah yang berlawanan dapat mengetahui sekaligus mengantisipasinya. Mereka pun bisa menurunkan kecepatan dan mengurungkan niat jika akan menyalip kendaraan kita.

Lampu Sein

Lampu Sein Bisa Mengurangi Risiko Kecelakaan

Walaupun fungsinya sudah cukup jelas, masih banyak ditemui kasus di jalan raya , orang yang menyalakan lampu sein ke arah kanan justru malah berbelok ke arah kiri ataupun sebaliknya. 

Meskipun sepele, hal ini cukup meresahkan pengendara motor yang lain. Selain karena tidak sesuai dengan aturan, menyalakan motor sein yang berbeda dengan arah kita akan belok juga dapat berbahaya.

Berita Terkait
hitlog-analytic