Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gak Nyangka, Ternyata Ini Awalnya Lampu Sein Punya Suara dan Berkedip

Lampu sein mobil
Sumber :

100kpj – Setiap komponen, atau teknologi di dalam kendaraan memiliki fungsi berbeda-beda, dan punya sejarah panjang. Salah satunya adalah lampu sein, lampu yang identik dengan cahaya kuning itu punya suara khas.

Terutama lampu sein mobil yang pada umumnya memiliki suara tik-tik, atau cek-cek, hingga tak-tak dengan intonasi, dan jumlah kedipan berbeda-beda.

Hidupkan lampu sein mobil

Lampu sein merupakan fitur keselamatan yang wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor, baik itu mobil penumpang, kendaraan komersial seperti truk, pikap, hingga sepeda motor.

Secara fungsi sama vitalnya seperti lampu depan, namun yang membedakan sein digunakan sebagai tanda, atau sinyal saat pengguna kendaraan ingin berbelok, atau berpindah jalur.

Dengan begitu, pengendara lain, atau yang berada di belakangnya tidak terkecoh atau kaget ketika ingin berpindah jalur, serta belok, baik ke kanan, atau ke kiri. Lantas dari mana suara sein itu muncul, seperti apa asal usulnya? 

Melansir laman Mental Floss, Selasa 25 Juli 2023, sejak 1930 lampu sein untuk kendaraan sudah ditemukan, sebagai standar keselamatan untuk membantu pengemudi ketika berkendara di jalan raya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic