Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Ampuh Melepas Stiker Yang Menempel di Kaca Mobil Tanpa Bekas

Stiker happy family
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil dengan kondisi mulus, dan mengkilap menjadi harapan semua orang. Namun seiring pemakaian ada saja perlakuan yang salah dilakukan pemilik, sehingga membuat bodi mobil menjadi kusam, hingga kaca berjamur.

Selain itu, ada juga sebagian orang yang menempelkan stiker pada bodi atau kaca mobil yang ujung-ujungnya menimbulkan noda saat stiker tersebut dilepas. Umumnya bekas dari stiker tersebut karena pengerat atau lem yang tertinggal.

Lantas seperti apa cara menghilanginya?

Jana, punggawa JPM salon mobil mengatakan, tergantung bahan stiker yang ditempel, namun rata-rata untuk melepasnya ada cara khusus. Misalnya di kaca mobil perlu di panaskan terlebih dahulu menggunakan heat gun.

"Lem stiker yang menempel di kaca mudah terangkat kalau sudah di panasin. Makannya, heat gun diperlukan, meskipun masih ada lem yang menempel di kaca bersihkannya mudah tinggal pakai sabun saja," ujarnya kepada 100KPJ.

Lanjut dia, melepas stiker bahan oracal biasnya lebih mudah karena bahan ini mempunyai kelenturan dan daya pekat lem yang mudah terangkat. Maka tidak heran kalau harganya lebih mahal dibanding ritrama yang digunakan untuk stiker iklan di mobil.

"Yang pasti kaca tidak akan rusak tergantung posisi stiker ada di dalam atau di luar. Kalau stiker di luar, kaca film warnanya akan lebih gelap meskipun stiker itu bolong-bolong. Kalau stiker di dalam kaca hanya menyisakan flek (noda)," sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic