Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Trik Mudah Membuat Bingung Maling Motor dan Mobil

Ilustrasi pencurian motor.
Sumber :

100kpj – Kasus pencurian kendaraan bermotor atau curanmor di Indonesia masih terbilang tinggi. Nah bagi Anda pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil tentu perlu berhati-hati untuk mengantisipasi tingginya kasus curanmor ini. Salah satunya dengan menyiapkan pencegahan dengan memasang piranti 'anti starter' pada kendaraan Anda.

Sebagai gambaran, dari data yang dikantongi Mabes Polri, kasus curanmor setiap bulannya masih menyentuh angka di sekitar 200 sampai 300-an. Karena alasan ini pula, Mabes Polri masih menempatkan kasus curanmor sebagai satu dari empat fokus pemberantasan selain pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian dengan senjata api.

Nah, tindakan apa yang perlu Anda lakukan agar Anda dapat terhindar dari kasus curanmor? Saat ini masih banyak yang menggunakan cara 'usang' dengan memasang gembok pada motor dan penggunaan alarm pada mobil. Namun cara itu terbilang kurang efektif mengingat maling selalu punya 'seribu cara' untuk mengakalinya.

Nah kali ini redaksi 100kpj mencoba kembali mengangkat salah satu alternatif yang saat ini terbukti efektif untuk mencegah kasus curanmor. Tak lain dengan memasang perangkat 'anti starter' yang saat ini juga telah banyak diperjual belikan di pasaran. Paling tidak, pemasangan perangkat ini akan memperlambat kerja maling motor dan mobil saat melakukan aksinya.

Ya anti starter ini cukup ampuh membuat bingung maling kendaraan karena memiliki sistem kerja dengan memutus arus listrik yang menghubungkan kunci kontak ke sumber listrik (Cut-Off). Jadi, meski meski telah di-starter berulang kali, mesin kendaraan tak akan menyala.

Nah, untuk menormalkan kembali, pemilik kendaraan bermotor dapat mengaktifkan pemutus arus listrik yang dibuat. Biasanya, anti starter ini dibuat berdasarkan keinginan pemilik kendaraan.

Umumnya, anti starter diletakkan di tempat tersembunyi dan hanya diketahui pemilik kendaraan. Untuk sepeda motor, bisa di bawah jok. Sementara untuk mobil, bisa diterapkan pada pedal rem, kontak lampu, dan beberapa tempat tersembunyi lainnya.

Tak salah mulai sekarang untuk melengkapi kendaraan Anda dengan piranti 'anti starter' ini. Demi keamanan bro...

Baca juga:

Tips Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Trik Simpel Bawa Mobil Matik Tak Boros Bahan Bakar

Berita Terkait
hitlog-analytic