Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Gampang Cek Aki Motor Mulai Tekor atau Belum

Aki pada sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Sepeda motor injeksi kian mewabah belakangan. Karena dinilai lebih irit dan bertenaga, motor jenis ini pun makin laris manis dipilih konsumen.

Namun bukan sekadar ganti oli saja, motor jenis injeksi juga tetap perlu perawatan berkala. Salah satunya adalah pengecekan kondisi aki sepeda motor Anda.

Tujuannya tak bukan karena motor injeksi penggunaan kelistrikannya lebih besar ketimbang model karburator. Lantas, bagaimana cara pengecekan kondisi aki pada motor injeksi apakah sudah mulai tekor apa belum?

Seperti dikutip Federal, Jumat 11 Oktober 2019, ciri pertama aki mulai tekor bisa dilihat dari nyala lampu pada panel indikator, apakah masih terang atau sebaliknya. Kalau sudah mulai redup, itu tandanya aki mulai berkurang voltasenya.

Pada sepeda motor injeksi Yamaha, biasanya akan ada tanda berupa kedipan pada check enginenya, kode tersebut berupa angka, kalau aki mulai tekor akan ada kode 46.

Jika sudah mengetahui aki soak, Anda bisa melakukan charge, apabila dalam satu minggu aki tekor lagi, berarti aki sudah tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti. Selamat mencoba!

Berita Terkait
hitlog-analytic