Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gara-gara AC Mobil Jadi Boros Bensin, Ini 5 Cara Atasinya

AC mobil
Sumber :

100kpj – AC menjadi komponen penting bagi setiap pemilik mobil, terlebih saat ini hampir semua kendaraan memilikinya. Tentunya, adanya AC membuat berkendara menjadi lebih nyaman karena udaranya yang menyejukkan.

Tetapi, ternyata menyalakan AC ini juga bisa berkontribusi menyebabkan borosnya bahan bakar. Apalagi, saat Anda menyalakan AC di suhu paling dingin (rendah) dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, saat temperatur diset di suhu yang paling dingin, maka AC akan terus berusaha bekerja keras untuk bisa selalu mencapai suhu tersebut. Perlu diketahui, jika kinerja AC ini juga dibebankan pada mesin.

Lalu, adakah solusi agar bisa tetap menggunakan AC namun tidak boros bensin? Seperti dilansir dari Suzuki Indonesia, berikut beberapa cara agar bensin menjadi lebih awet ketika AC dinyalakan.

1. Kalau temperatur di dalam kabin mobil sudah terasa terlalu dingin, segera naikkan temperatur.

2. Jika udara di luar cukup sejuk (seperti saat pagi hari, malam hari atau Anda sedang berada di wilayah pegunungan yang sejuk), matikan AC dan buka kaca mobil.

3. Saat cuaca panas, parkirlah mobil di tempat yang teduh. Agar saat akan digunakan lagi AC tidak akan bekerja terlalu berat.

4. Saat masuk ke mobil, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin dengan cepat. Sehingga dapat mengurangi kerja AC untuk mendinginkan kabin.

5. Jangan paksakan diri untuk tetap menggunakan AC dalam temperatur rendah, terlebih jika kalau tangki bensin mobil Anda hampir kosong. Jika nekat, bukan kabin mobil yang akan terasa dingin tapi Anda justru harus kerja keras mendorong mobil yang kehabisan bahan bakar.

Berita Terkait
hitlog-analytic