Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Musim Hujan Pengguna Motor Perlu Tahu Ini Biar Gak Tergelincir di Jalan

Naik Motor saat Hujan.
Sumber :

100kpj - Musim hujan telah tiba, belakangan ini sejumlah wilayah di Jabodetabek diguyur hujan dengan intensitas berbeda-beda. Permukaan jalan yang basah memaksa pengendara motor perlu ubah gaya berkendara.

Putaran roda perlu dijaga agar motor tetap stabil berjalan di atas jalan yang basah, kondisi ban perlu diperhatikan karena menjadi titik tumpu, jika kehilangan traksi, atau selip maka potensi terjatuh atau tergelincir besar jika pengendara enggak mampu memegang kendali.

Ilustrasi kecelakaan motor akibat benang layangan

Melalui keterangan resmi Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, dikutip Jumat 24 November 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar traksi ban tetap sempurna berjalan di permukaan aspal yang basah, akibat guyuran hujan.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan. Terpenting adalah kondisi ban, dan sistem pengereman. Pastikan alur ban tidak gundul, tekanan angin juga sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Ada yang tidak kalah penting dan sering diabaikan pengendara, yaitu tekanan angin pada kedua ban. Tanpa sadar berkendara dengan ban kempis atau terlalu tinggi tekanan angin bisa mengubah traksi. Sebaiknya ikuti rekomendasi pabrikan.

Kemudian teknik berkendara yang tepat. Saat mengendarai motor khususnya di jalan yang licin, sebaiknya posisi tubuh rileks, terutama di bagian tangan dan bahu. Posisikan kaki rapat mendekap tangki motor apabila menggunakan motor sport.

Berita Terkait
hitlog-analytic