Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Gampang Cek Kampas Rem Skutik Habis atau Belum

Kampas rem sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Rem merupakan salah satu perangkat vital yang ada di sepeda motor. Tanpa rem, motor tak bakal bisa dikendalikan dan bisa membuat pegendara celaka.

Maka itu, saking pentingnya fungsi rem, perlu dilakukan perawatan secara berkala agar penghenti kecepatan itu bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Salah satu pengecekan yang diperlukan adalah, bagian kampas rem. Nah, untuk mengeceknya sebenarnya ada cara mudah KPJers.

Seperti dikutip situs Federal, Rabu 21 Agustus 2019, untuk rem depan, cukup dengan menarik tuas rem depan, jika handle rem depan ditarik kuat tapi rem tidak pakem, tandanya kampas rem sudah harus diganti.



Tapi perlu diingat, penyebab rem tak pakem bukan karena kampas rem habis, tapi bisa juga karena material rem yang mengeras atau pemakaian yang sudah terlalu lama, atau bisa juga kampas rem palsu.

Jika kampas rem sudah menipis dan diabaikan terlalu lama, dampaknya bisa merusak piringan cakram, akibatnya cakram terkena gesekan dan menjadi tidak rata.



Untuk mengetahui kampas rem belakang motor matik, sedikit sulit. Karena harus dibongkar bagian tromolnya. Ini dikarenakan pada bagian tromol rem motor matik tidak diberi penanda, sehingga harus dibongkar.



Jika sudah dibongkar kampas sudah agak tipis, sebaiknya diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal. Rem belakang kurang pakem bisa juga timbul dari akibat kabel rem yang sudah tua. Bisa dirasakan lewat handle terasa keras saat melakukan pengereman.

Sebaiknya jika kabel rem sudah lama, diganti yang baru supaya tidak putus ketika digunakan untuk mengerem.

BACA JUGA:

Menarik untuk Dilirik, 10 Mobil Bekas dengan Harga Rp50 Jutaan

BACA JUGA:

Berita Terkait
hitlog-analytic