Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengguna Motor Kopling Wajib Tahu Cara Ini saat Kondisi Jalan Macet

Tips motor kopling saat macet

100kpj - Mengendarai sepeda motor di jalan raya tentu butuh keahlian khusus, atau paham cara berkendara yang benar agar tidak merusak komponen, dan tetap aman.

Terutama bagi pengguna motor sport fairing, underbond, atau naked bike.Umumnya ketiga jenis motor tersebut mengadopsi transmisi manual dengan pengoperasian kopling.

Test ride Honda CBR250RR SP QS baru

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, menggunakan motor dengan bijak dalam situasi kemacetan adalah kunci menjaga kesehatan, dan umur panjang komponen seperti kopling.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pengendara agar tetap berkendara dengan aman dan nyaman di kemacetan dan menjaga usia part motor lebih panjang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ketika menghadapi kemacetan, pastikan untuk tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi persneling atau transmisi yang masuk, karena lebih baik dalam posisi gigi ke netral.

Dengan demikian, penggunaan tuas kopling tidak terlalu sering, dan hal ini akan memperpanjang usia kampas kopling serta tidak membuat tangan kita menjadi lebih pegal. Tentu saja, hal ini tergantung pada situasi macet yang dihadapi.

Berita Terkait
hitlog-analytic