Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Baru Tahu Ini Alasan Pengguna Motor saat Berhenti di Jalan Harus Pakai Kaki Kiri

Alasan pengendara motor menurunkan kaki kiri saat berhenti

100kpj – Mengendarai sepeda motor di jalan raya tentu butuh keahlian khusus, atau paham cara berkendara yang benar. Namun ada salah satu kebiasaaan pengendara motor jenis sport, atau bebek saat berhenti.

Kedua kaki pengguna motor transmisi manual seperti naked bike, bebek, atau sport, berada di masing-masing footstep kanan, dan kiri sesuai fungsinya. 

Test Ride Honda CB150X

Kaki bagian kanan berada di footstep bagian kanan untuk mengendalikan rem belakang, sedangkan kaki kiri bertugas menurunkan, atau menaikkan tuas gigi persneling.

Biasanya ketika motor berhenti di lampu merah, atau karena macet, pengguna motor jenis tersebut menurunkan kaki kirinya. Lantas apakah cara tersebut benar? 

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (diler Honda), Ludhy Kusuma mengatakan, ketika berhenti motor harus ditopang dengan baik, karena kaki pengendara bertugas menggantikan standar.

Dia menyarankan memang kaki kiri disarankan pertama turun dari foot step untuk menginjak jalan, karena lalu lintas di Indonesia adalah menggunakan lajur kiri, maka setiap menghentikan motor pasti berada di kiri jalan. 

Berita Terkait
hitlog-analytic