Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Membersihkan Helm yang Benar, Pengguna Motor Wajib Tahu

Tips perawatan helm

100kpj – Sebelum mengendarai sepeda motor, hal wajib yang perlu digunakan adalah perangkat keselamatan, salah saatunya helm. Fungsinya tentu untuk menjaga kepala Anda dari benturan ketika terjadi kecelakaan di jalan.

Selain itu, helm dapat menjaga visibiltas saat berkendara karena fungsi kacanya dapat melindungi mata dari kotoran atau debu. Di Indonesia, banyak model helm yang ditawarkan sejumlah brand dengan spesifikasi berbeda.

Helm RSV di IMOS 2022

Namun seiring pemakaian, helm akan kotor dan bau jika tidak dirawat. Bahkan helm yang tidak terawat berdampak negatif, seperti disampaikan Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma.

Menurutnya, helm perlu dirawat karena dapat mencegah dampak negatif seperti penyakit jamur kulit, bau tidak sedap yang ditimbulkan dari keringat, menghindari ketidaknyamanan dalam penggunaannya.

“Membersihkan helm minimal satu bulan sekali namun jika dipakai setiap hari dapat dilakukan satu minggu sekali, atau segera apabila terkena hujan agar helm tetap bersih, dan nyaman dipakai,” ujar Kusuma dikutip dari keterangannya, Sabtu 24 Juni 2023.

Langkah pertama yang tepat merawat helm, bersihkan lapisan luar helm berikut kacanya jika sudah terlihat kusam, atau terkena kotoran, debu dan hujan dengan kain serat halus, seperti kain micro fiber, serta shampoo khusus.

Berita Terkait
hitlog-analytic