Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Santri Ciamis Diserempet, Begini Aturan Konvoi Moge yang Benar

Pengguna motor Harley-Davidson
Sumber :

100kpj – Santri di Camis, Yayat diserempet pengendara moge hingga luka, dan muntah darah di Jalan Raya Cihaurbeuti, Ciamis, Jawa Barat. Apesnya kejadian itu bersamaan dengan acara Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI).

Sempat ada dugaan pelaku anggota dari komunitas moge tersebut yang konvoi, meski sebelumnya sudah dijelaskan Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Iman Hermawan bahwa pelaku masuk ke dalam iringan Harley. 

“Selang beberapa menit (setela kejadian), ada rombongan konvoi Harley lima motor, yang terlibat kecelakaan itu gabunglah sama lima orang itu, jalan lagi,” ujar AKP Iman.

Ketua Umum HDCI, Ahmad Sahroni juga sudah menjelaskan bahwa pelaku bukan anggota dari komunitasnya, bahkan dia juga menyebut moge yang digunakan bukan Harley-Davidson melainkan Moto Guzzi, meski secara tidak langsung brand asal Italia itu disebut dengan kata ‘Moto Guci’ di status Instagram pribadinya.

Terlepas dari kasus tersebut, ada beberapa hal penting yang wajib diketahui komunitas baik motor kecil, atau moge sekalipun saat konvoi Tujuannya agar tidak mengganggu pengguna jalan, dan tidak membahayakan.

Safety Defensive Consultant Indonesia atau SDCI, Sony Susmana sempat mengatakan, supaya lebih aman, konvoi moge harus dibagi menjadi beberapa gugus atau klaster. Berisikan tujuh anggota dengan satu road captain.

“Konvoi itu ada aturannya, pasti dikaitkan terhadap lingkungan. Tipe konvoi yang paling cerdas adalah klaster. Jadi, dalam rombongan dibagi menjadi beberapa klaster, dan dalam satu klaster terdiri dari satu road captain dan maksimal tujuh motor,” ujar Sony Susmana saat dihubungi 100kpj.

Berita Terkait
hitlog-analytic