Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catat Nih, Hal-hal yang Perlu Dilakukan Pengendara Motor saat Musim Hujan

Naik Motor saat Hujan.
Sumber :

100kpj – Curah hujan masih cukup tinggi di beberapa kota di Indonesia, bagi pengendara motor hal ini jangan dianggap sepele. Selain jalan menjadi lebih licin, banyak potensi yang membahayakan pengendara motor.

“Musim hujan merupakan satu kondisi yang memaksa pengendara ekstra hati–hati karena banyak faktor internal dan eksternal yang mengintai keselamatan pengendara roda dua,” ujar Head of Safety Riding Promotion (SRP), Agus Sani.

Ada beberapa tips dari pria yang menjabat instruktur senior Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana makmur Sejati (WMS) ini. Kondisi basah seringkali timbulkan keadaan tidak nyaman apalagi saat berkendara.

Direkomendasikan gunakan jas hujan jenis baju dan celana bukan ponco agar badan tetap kering dan nyaman. Selain jas hujan, ada juga cover anti basah untuk sepatu di pasaran atau memilih gunakan sepatu anti air.

Gunakan helm dengan kaca pelindung bervisibilitas baik saat berhadapan dengan rintik hujan besar dan kecil. Mengecek kondisi motor juga termasuk langkah antisipasi internal berkendara aman di cuaca hujan.

Mulai dari sistem rem, lampu lampu, kondisi ban yang mumpuni dengan tekanan angin yang pas. Untuk tekanan angin, ada baiknya mengurangi sedikit tekanan ban dari normal agar ban dapat menapak lebih baik saat ada genangan air.

Tips melewati genangan air bagi pengguna motor
Berita Terkait
hitlog-analytic