Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Wanita Wajib Tahu, Enggak Boleh Pakai Ini saat Naik Motor

pengendara wanita
Sumber :

100kpj - Sepeda motor menjadi kendaraan dengan populasi terbanyak di Indonesia. Ada berbagai faktor yang membuat motor lebih laku dari mobil, diantaranya karena dapat terhindar macet, dan harga jualnya lebih terjangkau.

Namun terkait tata tertib tidak semua pengguna motor paham dengan aturan yang ada, atau cara berkendara yang benar. Pengendara wanita salah satu yang menjadi perhatian ketika di jalan, baik saat mengendarai motor manual, atau matik.

"Walaupun tipe sepeda motor apapun mulai dari cub, matic, hingga sport yang digunakan namun tetap wajib mengetahui beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pengendara wanita ketika sedang berkendara,” ujar Safety Riding Promotion Section Head PT DAM, Ludhy Kusuma dikutip dari keterangan resminya, Senin 9 Januari 2023.

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika wanita berkendara. Pertama adalah memastikan perlengkapan berkendara untuk keamanan, seperti helm, jaket, dan sarung tangan.

Helm berfungsi untuk melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala, jaket berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara, dan mengurangi bila terjadi gesekan pada bagian tubuh saat terjatuh.

Sedangkan sarung tangan berfungsi untuk membantu memberikan kenyaman pada bagian hand grip. Masih berdasarkan keterangan resminya, tidak menggunakan sepatu hak tinggi, karena terlalu berbahaya karena faktor keseimbangan.

"Jika Anda ingin nyaman saat berkendara, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. dan bisa menggunakan flat shoes, atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor," tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic