Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan asal 'sat set sat set', Pemotor Wajib Tahu Menyalip Truk, dan Bus yang Benar

Honda PCX Electric touring KTT G20

100kpj – Sepeda motor diciptakan sebagai kendaraan ‘antimacet’, bentuknya yang kompak membuat pengguna kuda besi bermesin itu bisa lebih fleksibel saat di jalan raya, terutama dalam kondisi macet.

Namun untuk mendahului, atau menyalip kendaraan dengan dimensi yang lebih besar layiknya truk, bus, atau mobil diperkukan pengetahuan. Tujuannya agar tidak terjadi hal tidak terduga yang bisa terjadi.

Macet saat PPKM Darurat

Safety Riding Development Section Head PT DAM, Ludhy Kusuma mengatakan, sebagai pengendara sepeda motor harus sabar, dan mengetahui etika berkendara yang baik, dan benar agar selalu aman di jalan raya.

“Ada juga jenis rintangan lainnya seperti berada di situasi kemacetan atau situasi jalanan yang padat merayap dipenuhi beragam macam jenis kendaraan,” ujar Ludhy dikutip dari keterangannya, Jumat 6 Januari 2023.

Menurutnya saat menyalip kendaraan yang lebih besar seperti truk, bus dan lainnya, diperlukan keterampilan, dan kesabaran yang lebih, serta mengetahui bagaimana etika cara yang benar saat mendahului.

Pertama, menyalakan lampu sein, dan atur jarak yang lebih jauh dengan kendaraan yang akan disalip agar bisa melihat kendaraan lain dari arah berlawanan untuk memastikan jalanan kosong agar tetap aman.

Berita Terkait
hitlog-analytic