Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Ampuh Agar Pengajuan Kredit Motor Disetujui Lising

ilustrasi kredit motor
Sumber :

100kpj – Memboyong motor dengan cara dicicil, ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Sebab, tidak semua pengajuan kredit disetujui oleh penyedia jasa peminjaman atau lising.

Salah satu tim survei Adira Finance, Ade mengatakan pengajuan kredit motor terbilang mudah dari pada mobil. Tapi perusahaan pembiyaan memiliki kriteria, agar pengajuan kredit tidak ditolak.

“Yang terpenting umur pemohon minimal 21 tahun. Kalau masih 18 tahun, meski sudah bekerja tidak bisa, jadi harus pakai data diri orang tua,” ujarnya kepada 100kpj.com, Senin 5 Agustus 2019.

Menurutnya, lising menilai umur di bawah 21 tahun rata-rata baru bekerja, belum mumpuni memiliki tanggungan. Selain itu, batas maksimal pemohon 60 tahun yang masih dianggap produktif.

“Kelengkapan data diri, seperti KTP, KK, status pekerjaan, selip gaji jika bekerja, dan foto copy buku tabungan kalau pengusaha, dan tempat tinggal. Jika data tidak lengkap pasti ditolak,” tuturnya.

Sambun dia, bagi yang sudah menikah bisa mengoptimalkan pendapatan keduanya bila sama-sama bekerja. Rekening listrik atau tagihan internet di rumah juga peru disiapkan, namun tergantung petugas survey.

“Status rumah jelas harus miliki orang tua atau pribadi. Tapi lising bisa menutup mata kalau DP (down payment) yang dberikan di atas 30 persen, terlebih Anda memiliki riawayt baik di lising tersebut,” tuturnya.

Randi salah satu tim surey dari Federal Internationa Finance (FIF) juga mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan, penghasilan per-bulan idealnya lebih besar dari cicilan sekitar 30 persen, dan rekam jejak konsumen bagus.

Sebagai informasi, dalam dunia kredit perbankan ada istilah BI Checking, di mana bank bisa melihat rekam jejak kepatuhan calon nasabah. Data debitur bermasalah bisa dicek oleh pihak bank di SID (Sistem Informasi Debitur).

SID merupakan sistem yang menghimpun informasi mengenai fasilitas pembiayaan yang dilaporkan secara rutin oleh lembaga-lembaga keuangan peserta SID.

Berita Terkait
hitlog-analytic