Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengguna Motor Wajib Tahu Gaya Berkendara yang Benar saat Musim Hujan

Tips melewati genangan air bagi pengguna motor
Sumber :

100kpj – Sejumlah wilayah di Jakarta belakangan ini sering hujan. Air yang turun dari langit dengan intensitas berbeda-beda itu membuat sejumlah jalanan basah, hingga beberapa ruang jalan dipenuhi genangan air. 

Kondisi tersebut tentunya perlu diwaspadai, terutama bagi pengguna kendaraan roda dua. Selain mengubah gaya berkendara, hal lain yang perlu diperhatikan di tengah musim hujan adalah kondisi dari komponen.

Naik Motor saat Hujan.

Kemudian gaya berkendara perlu disesuaikan, mengingat kondisi jalan yang basah membuat daya cengkram ban kurang maksimal. Maka agar tetap selamat perlu menyesuaikan kecepatan, atau saat bermanuver.

Terutama ketika menemukan jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi. Setiap motor memiliki posisi mesin berbeda-beda, sehingga jika dipaksakan melintasi genangan air hingga ambang batas dikhawatirkan bisa terjadi kerusakan.

Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, Setiawan Andy mengatakan, langkah pertama yang perlu diketahui sebelum berkendara di musim hujan adalah pastikan kondisi motor dalam kondisi prima.

Menurutnya motor yang nyaman digunakan jika kondisi mesin dan rem baik serta kondisi ban dalam kondisi baik, alur ban tidak botak dan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Berita Terkait
hitlog-analytic