Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Cuma Gara-gara Aki, Ini Penyebab Lampu Motor Jadi Redup

Lampu sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Lampu pada motor terbilang penting keberadaannya. Selain digunakan untuk malam hari, kini ada kewajiban yang sudah tertuang dalam undang-undang agar tetap dinyalakan siang hari.

Namun seiring berjalannya waktu, ada kondisi di mana lampu motor menjadi redup cahayanya. Seperti dikutip situs Federal, Kamis 1 Agustus 2019, masalah keredupan lampu ternyata pada dasarnya akibat adanya gangguan pada sistem kelistrikan.

Pertama, bisa jadi karena masalah pada bagian relay. Langkah yang perlu dilakukan adalah cek pada bagian relay atau sekring yang satu jalur dengan lampu motor.

Biasanya sekring atau relay tersebut sudah kotor dan karatan di bagian dalamnya. Kedua, kondisi socket lampu motor yang sudah mulai tidak baik. Bisa jadi sudah longgar atau bahkan copot sama sekali.

Ketiga, aki motor yang sudah mulai soak. Maka itu merawat aki pun memang penting demi menjamin cahaya lampu menjadi terang.

Keempat, yakni masalah pada sistem kabel motor. Pada banyak kasus lampu motor yang redup, tidak jarang sumber utamanya adalah dari pemasanan kabel yang tidak sesuai pada posisinya.

Berita Terkait
hitlog-analytic