Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tanda-tanda Kampas Kopling Motor Matik Minta Diganti

CVT Honda Vario.
Sumber :

100kpj –Berbeda dengan motor dengan perseneling manual, motor matik dilengkapi dengan continuously variable transmission (CVT) untuk menggerakkan roda belakang.

Selain itu motor matik juga mempunyai kopling. Hanya saja, bentuknya tidak sama dengan komponen yang ada di motor manual. Komponen yang tak kalah pentingnya pada motor matik, adalah kampas kopling ganda. 

Bagian ini berguna dalam menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Nah, mengingat pentingnya peran kampas tersebut, pemilik motor pun harus menjaganya agar tidak aus. 

Baca juga: Pengendara Motor Harus Waspada Bahaya yang Mengintai ketika Berkendara

CVT

Seperti dikutip dari Honda Wahana, cara memahami tanda-tanda kampas kopling motor yang mulai aus, seperti munculnya getaran dari bagian CVT. Getaran bisa timbul karena kampas yang menipis, sehingga tidak menempel dengan sempurna pada wadah kopling.

Tanda lainnya yang bisa menjadi ciri kampas kopling ganda mulai menipis alias aus adalah akselerasi motor yang berat ketika pertama-tama dikendarai. Apabila merasakan salah satu dari tanda tersebut, tak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kampas kopling.

Berita Terkait
hitlog-analytic