Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Cara Atasi Aki yang Tak Bisa Menyimpan Setrum

Aki mobil
Sumber :

100kpj – Perawatan aki pada kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan, karena peranannya yang cukup penting. Salah satu masalah yang kerap ditemui adalah aki tidak bisa menyimpang setrum, hingga kendaraan tak bisa dihidupkan.

Aki yang tidak menyimpan daya tentu tidak dapat memutar starter motor, alhasil kendaraan pun tidak akan menyala. Selain mengganti aki baru, ada juga beberapa cara atasi masalah ini seperti dilansir dari situs Suzuki Indonesia.

1. Lepaskan Hubungan Arus Aki

Penting sekali untuk melepaskannya agar Anda bisa leluasa memperbaiki tanpa harus merusak rangkaian arusnya. Caranya cukup dengan melepaskan dua kabel dari positif ke negatif yang tersambung. Apabila semua sambungan sudah terlepas, keluarkan aki dari tempatnya. Kini Anda bisa mengecek secara menyeluruh.

2. Buka Penutup Aki

Selanjutnya adalah membuka penutup aki dan juga penutup karetnya. Anda bisa membukanya dengan memotong tepi strip atau segel agar sedikit longgar dan hampir bisa dilepas. Kemudian congkel tutup sehingga terbuka secara menyeluruh. Kemudian lepaskan tutup dari masing-masing sel.

Proses selanjutnya, Anda bisa mengeluarkan air aki yang lama. Cara mengeluarkannya harus dengan pipet atau jarum suntik. Hati-hati mengeluarkannya sampai hanya tersisa 30 hingga 40% air saja. Simpan air aki di wadah kaca karena bisa berbahaya untuk kulit.

Berita Terkait
hitlog-analytic