Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ganti Ban Motor Tunggu Sampai Gundul?

Ban Motor Botak
Sumber :

100kpj – Ketika sebelum berkendara, selain wajib menggunakan perlengkapan berkendara. Pengendara motor juga wajib memeriksa bagian-bagian sepeda motor, tujuannya agar ketika diperjalanan tidak terdapat kendala.

Bagian sepeda motor yang wajib diperhatikan salah satunya adalah ban yang merupakan peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban motor adalah bagian penting karena berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan dan lainnya.

“Adanya permasalahan pada ban sepeda motor akan menimbulkan potensi bahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain," Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora.

Baca juga: Ban Motor Kempes Terus karena Bocor Halus, Yuk Kenali 4 Penyebabnya

Ban motor.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, diantaranya kurang tekanan angin yang tidak sesuai, usia pakai ban, hingga kondisi ban yang sudah aus sehingga menjadi sulit mengontrol kemudi stang saat berkendara.

Pertama periksa tekanan angin, tekanan angin yang kurang dapat menyebabkan adanya gesekan yang tinggi sehingga ban cepat panas dan mengakibatkan ban cepat robek.

Berita Terkait
hitlog-analytic