Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ancaman Corona Tak Hentikan Pembangunan MotoGP Mandalika

Sirkuit Mandalika
Sumber :

100kpj –  Walau tengah merebaknya virus corona di Tanah Air, persiapan Indonesia untuk menggelar balapan MotoGP tak menjadi surut. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan pembangunan akan terus berlanjut.

Indonesia masuk dalam kalender balap MotoGP 2021 di untuk bulan Oktober. Nantinya, kasta pertama adu balap motor tersebut akan berlangsung di Kawasan Ekononim Khusus Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mengingat waktu yang terus berjalan, Kementerian PUPR pun terus menggenjot pembangunan Sirkuit Mandalika agar selesai sesuai jadwal. Meskipun, saat ini virus corona atau covid-19 sangat mengancam Indonesia.

Baca Juga:
Intip Yuk Koleksi Mobil Mewah Sosok Kontroversial Menkes Terawan

Biar Tak Bingung di Diler, Pahami Dulu Yuk Istilah Jual Beli Mobil

Tesla 3 Bisa Nyetir Sendiri, Polisi Tetap Harus Hati-hati Yah Pakainya

"Pembangunan infrastruktur PUPR pada lima KPSN Siper Prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang terus dilanjutkan dan ditargetkan selesai akhir 2020. Kecuali beberapa infrastruktur yang masih akan dituntaskan pada 2021," kata Basuki, seperti dilansir dari Antara.

Alokasi anggaran infrastruktur PUPR tahun 2020 di KPSN Mandalika digelontorkan sebesar Rp903,4 miliar. Dana tersebut sudah termasuk untuk pembangunan pengendali banjir KEK Mandalika, pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan kawasan di tiga Gili, pengembangan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), kawasan geopark Rinjani dan pembangunan home stay.

"Saat ini dalam tahap lelang, pada bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan," ujar Basuki.

"Untuk pembangunan jalan Bypass BIL sepanjang 17,4 Km bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke Kawasan Wisata Mandalika dengan anggaran Rp814 miliar dan masa pelaksanaan tahun 2020 - 2021," lanjutnya.

Sirkuit Mandalika


Kemudian untuk akses jalan ke Sirkuit Mandalika nantinya ada jalan Bypass BIL rencananya akan dibangun dengan lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median jalan. Lalu, ada pembangunan Promenade di Desa Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah yang menjadi salah satu tujuan wisatawan seiring dengan penyelenggaraan event MotoGP.

Anggarannya sebesar Rp 50 miliar dengan masa pelaksanaan November 2020 hingga Desember 2021. Sementara itu, alternatif akomodasi untuk ajang MotoGP, Kementerian PUPR rencananya membangun sekitar 750 unit rumah tinggal yang berada di Kabupaten Lombok Tengah.

"Program rumah swadaya atau dikenal bedah rumah di NTB juga dianggarkan pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 47,4 miliar untuk 2.300 unit," ujar menteri yang gemar bermain musik ini.
Berita Terkait
hitlog-analytic