Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Virus Corona Tunda Balapan MotoGP, Marquez Diuntungkan

Marc Marquez raih gelar juara dunia ke-8
Sumber :

100kpj – Gelaran balap MotoGP musim 2020 harus tertunda karena merebaknya wabah virus corona di beberapa negara, termasuk tuan rumah dari ajang ini. Situasi tersebut bisa dibilang menjadi keuntungan bagi sang juara bertahan, Marc Marquez.

FIM dan Dorna selaku penyelanggara kasta pertama balapan motor ini telah mengambil keputusan untuk membatalkan seri pembuka MotoGP Qatar 2020. Sejatinya, balapan di Sirkuit Losail tersebut akan digelar pada 8 Maret.

Keputusan itu diambil usai pemerintah Qatar mengharuskan penumpang dari Italia menjalani karatina dua pekan karena wabah virus corona. Mengingat banyak pembalap dan tim dari Italia, memaksa balapan dibatalkan.

Baca Juga:
Tak Perlu SIM, Mobil Listrik Imut Rp85 Juta Ini Bisa Jadi Pilihan

Seri Pembuka MotoGP Qatar 2020 Resmi Batal karena Virus Corona

Pengemudi Toyota Rush yang Tewaskan Bumil Belum Punya SIM

Usai Qatar, Kini MotoGP Thailand 2020 Resmi Ditunda

Namun, balapan Moto2 dan Moto3 bakal digelar sesuai jadwal karena tim dan para pembalap sudah berada di Qatar sejak pekan lalu guna jalani tes pramusim. Selang sehari, FIM dan Dorna juga ambil keputusan untuk MotoGP Thailand.

Seri kedua yang bakal berlangsung di Sirkuit Buriram pada 20-22 Maret itu terpaksa ditunda hingga waktu yang tak ditentukan. Dua keputusan penting itu membuat MotoGP 2020 berpeluang baru dimulai di MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Americas, Texas, pada 5 April 2020.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez


Terlepas dari virus corona yang mengganggu MotoGP, situasi ini bisa dibilang jadi keuntungan bagi Marquez. Seperti diketahui, pembalap Repsol Honda itu mengeluhkan kondisi fisiknya, sepekan jelang MotoGP Qatar.

"Kami gagal maksimal di tes dan saya menyalahkan bahu saya, kondisi fisik saya. Motor Honda sangat menuntut banyak, menuntut Anda 100 persen fit. Kondisi saya sekarang baru 60 hingga 70 persen," ujar Marquez dikutip dari Marca.

Belum lagi, Marquez masih belum bisa meraih hasil baik dengan motor RC213V miliknya. Itu membuatnya tak bisa meraih hasil baik selama tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar.

Marquez mengakhiri tes terakhir di Losail dengan berada di posisi tujuh, terpaut 0,291 detik dari Maverick Vinales yang mendominasi tes terakhir MotoGP 2020. Nah, dengan ditundanya dua seri di awal ini bisa berikan waktu bagi Marquez dan Honda.

Honda sendiri dijadwalkan bakal menjalani tes privat di Sirkut Jerez pada pertengahan Maret 2020 bersama Stefan Bradl. Walau Marquez dan Alex Marquez tak bisa mengikuti tes tersebut, namun tentunya Bradl bisa memberikan masukkan berarti.

Marc Marquez


Selain itu, Losail juga bukan sirkuit favorit dari Marquez. Sejak terakhir kali MotoGP Qatar 2014, Marquez tak pernah meraih kemenangan usai Yamaha dan Ducati mendominasinya sejak 2015.

Musim lalu Marquez dikalahkan pebalap Ducati Andrea Dovizioso pada balapan MotoGP Qatar 2020. Lalu, MotoGP Thailand yang sellau dimenangkan oleh Marquez bisa direngkuh kembali, sebab jika digelar sesuai jadwal bisa jadi gagal karena kondisi fisik belum fit.
Berita Terkait
hitlog-analytic