Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tak Perlu SIM, Mobil Listrik Imut Rp85 Juta Ini Bisa Jadi Pilihan

Citroen Ami
Sumber :

100kpj – Pabrikan mobil asal Prancis, Citroen, baru saja meluncurkan mobil mungil bertenaga listrik bernama Ami di Eropa. Menariknya, untuk mengendarai mobil ini tak perlu adanya Surat Izin Mengemudi (SIM).

Mobil tersebut masuk dalam klasifikasi 'light quadricycle', dan bisa dikendarai remaja berusia 14 tahun di Prancis dan 16 tahun di seluruh Eropa. Hanya diperuntukkan dua orang, mobil ini dinilai cocok untuk kota-kota besar.

Ini tak lepas dari sosoknya yang mungil, khas city car. Siap dijual akhir tahun ini, Ami One Concept sebelumnya telah diperkenalkan di Geneva Motor Show 2019.



Brand CEO Citroen, Vincent Cobeen, mengungkapkan bila hadirnya Ami One Concept ini sebagai langkah inovatif mereka. Mobil tersebut diharapkan bisa menjadi terobosan nyata untuk diperkotaan, dan pastinya dengan harga terjangkau.

"Selama 100 tahun, Citroen selalu inovatif dan kreatif. Tahun ini, kami telah menghadirkan solusi mobilitas perkotaan baru yang dapat diakses oleh semua orang," kata Vincent Cobeen, dilansir dari Car and Bike.



"Kompak, protektif, 100 persen listrik, tanpa SIM, dan terjangkau, Ami menjadi terobosan nyata mobilitas perkotaan. Kami bangga telah mewujudkannya hari ini," lanjutnya.

Spesifikasi dan Harga

Ami One Concept ini memiliki dimensi panjang 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.520 mm dengan roda berukuran 14-inci. Mendapatkan sunroof panoramik, interior mobil terlihat lebih luas karena memiliki cukup cahaya.

Untuk melihat kapasitas baterai dan peringatan servis, pemilik bisa mengecek lewat aplikasi. Uniknya lagi, Ami memiliki posisi mengemudi yang sama dengan mobil pada umumnya.



Mobil listrik ini mendapat baterai 5,5 kWh dan motor 6 kW, mobil ini mampu menempuh 70 kilometer dan kecepatan tertinggi 45 kilometer per jam. Melalui soket 220 Volt standar Eropa, Ami dapat diisi penuh dalam tiga jam.

Bicara soal harga, mobil yang ramah lingkungan ini dihargai USD 6.000 atau setara dengan Rp85 juta. Jika Anda belum memiliki dana tersebu, Citroen juga menyewakan dengan Ami dengan tarif USD 22 atau setara dengan Rp314 ribu selama satu bulan.
Berita Terkait
hitlog-analytic