Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketua Bike to Work: Motor Biang Kerok Masalah di Jalan Raya

Gowes Sepeda
Sumber :

100kpj – Ketua Bike to Work Indonesia, Poetoet Soerdarjanto baru-baru ini bicara mengenai stigma pesepeda di Tanah Air. Kata Poetoet, banyak pihak beranggapan, pengendara sepeda di jalan raya acap bertingkah seenaknya tanpa menghormati pengguna jalan lainnya.

Bahkan, menurutnya, ada sejumlah pihak yang menganggap pesepeda merupakan penyakit atau masalah layaknya hama wereng. Padahal, Poetoet menilai, kendaraan bermotor lebih berperan besar dalam sejumlah persoalan yang terjadi di jalan raya. Tiga persoalan tersebut yakni polusi udara, kemacetan, dan juga kecelakaan.

“Kemudian tingginya angka kecelakaan lalu lintas, kalau saya merujuk data Korlantas Polri 2019, ada 23 ribu nyawa sia-sia di jalan raya, penyebabnya siapa? Dominan kendaraan bermotor. Jadi, sesungguhnya kendaraan bermotor ini jadi penyebab tiga persoalan tadi,” ujarnya dikutip dari laman organisasi lingkungan hidup, Greeners.

Baca juga: Pesepeda Kian Arogan, Ketua Bike to Work: Kami Punya Hak di Jalan Raya

Polisi bakal tilang pesepeda

Pada kesempatan yang sama, Poetoet juga meminta pengguna jalan lain untuk bisa berbagi hak yang sama. Apalagi, saat ini fasilitas pesepeda di sejumlah kota di Indonesia masih terbatas. Sehingga, ruang gerak mereka tidak terlalu luas.

“Jadi, maksud saya, sepeda juga punya hak yang sama di jalan raya,” terang Poetoet.

Berita Terkait
hitlog-analytic