Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Diam-diam Filipina Suka Ban Buatan Lokal Khusus Yamaha NMax

Yamaha NMax dengan ban Zeneos Milano
Sumber :

100kpj – Ban merupakan salah satu komponen vital di kendaraan, termasuk sepeda motor. Meski dasarnya hanya terbuat dari karet, namun ban memiliki 4 fungsi utama. Yang pertama sebagai penahan bobot sepeda motor, serta pengendara.

Selain itu, ban menjadi garda terdepan untuk menahan getaran, atau guncangan saat motor berjalan, sebelum sampai ke suspensi. Fungsi yang ketiga adalah sebagai ujung tombak penerus tenaga yang dihasilkan dari mesin motor.

Maka tidak heran jika daya pengereman, hingga laju motor saat berakselerasi ditentukan dengan kondisi si karet bundar. Fungsi keempat sebagai kontrol kemudi, baik atau tidaknya proses handling salah satunya dipengaruhi dari ban.

Yamaha NMax.

Terlebih saat motor melaju di permukaan jalan basah, bebatuan, hingga medan jenis lainnya. Maka setiap pabrikan akan memiliki pertimbangan khusus dalam membuat, atau mengembangkan ban untuk kendaraan sebelum dijual ke pasar.

Faktor yang kerap menjadi pertimbangan pabrikan ban adalah jenis sepeda motor, kondisi cuaca dari negara tersebut, hingga permukaan jalan. Sebagian besar iklim dan permukaan jalan di kawasan Asia memiliki beberapa kemiripan.

Sehingga memudahkan pabrikan lokal untuk menjual ban buatannya ke beberapa negara di kawasan Asia. Salah satunya Filipina yang menjadi negara tujuan ekspor PT Gajah Tunggal Tbk sebagai pembuat ban merek IRC dan Zeneos.

Berita Terkait
hitlog-analytic