Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kapal Selam Alugoro Buatan Indonesia, Bisa Tahan Hingga 30 Tahun

Kapal Selam Buatan Indonesia
Sumber :

100kpj – Kekuatan militer di Indonesia tampaknya akan semakin kuat, selain sudah mampu membuat senjata tempur dan mobil tempur hingga tank yang diproduksi oleh PT Pindad di Bandung, Indonesia juga kini mampu membuat kapal selam, yang dapat diproduksi guna menjaga pertahanan kedaulatan negara Republik Indonesia.

Kini kemampuan Indonesia dalam menciptakan Alutsista (Alat utama sistem senjata) di wilayah laut tidak diragukan lagi, karena kali ini Indonesia berhasil menciptakan kapal selam. Meskipun harus melibatkan partner seperti Korea Selatan, namun hal tersebut tetap saja membuat bangga.

Kapal selam pertama ini diberi nama Alugoro-405, kapal selam pertama buatan PT PAL Indonesia yang berkolaborasi dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kapal ini mampu berlayar selama lebih dari 50 hari lamanya dan bisa digunakan hingga 30 tahun mendatang.

kapal selam

Seperti yang diberitakan VIVA Rabu 6 Mei 2020, kapal selam buatan PT PAL Indonesia berhasil diselesaikan pada 11 April 2019. Setelah itu, Alugoro-405 harus menjalani test sehingga kapal ini bisa digunakan dan bisa memperkuat sistem pertahanan TNI AL. 

Kapal yang memiliki panjang 61,3 meter itu mampu menampung lebih dari 40 kru di dalamnya. Kapal berjenis diesel electric submarine U209/1400. KRI Alugoro-405 juga sudah diperkuat oleh torpedo Black Shark generasi terbaru dari Whitehead Alenia Sistemi Subacquei yang bisa mengejar target sejauh 50 kilometer.

Kapal selam Alugoro
Berita Terkait
hitlog-analytic