Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Minyak Dunia Merosot, Kenapa BBM di Indonesia Tidak Turun?

Pom Bensin
Sumber :

100kpj – Akhir-akhir ini banyak informasi yang membandingkan antara harga BBM alias bahan bakar minyak di Malaysia lebih murah ketimbang di Indonesia, apalagi oktan yang terkandung di dalam bahan bakar tersebut, sama antara yang dijual di Malaysia dengan di Tanah Air.

Hal tersebut karena turunnya harga minyak mentah dunia, namun uniknya belum berimbas pada penurunan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM di Tanah Air. Artinya PT Pertamina (Persero) tak kunjung juga menurunkan harga BBM di Indonesia, walaupun harga minyak dunia sedang anjlok.

Hal tersebut akhirnya membuat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif angkat bicara, karena hal itu disebabkan penerapan harga jual eceran bulan ini masih sama dengan bulan April 2020.

Pertamina Turunkan Harga BBM

"Lalu karena adanya pertimbangan bahwa tingginya volatilitas harga minyak dunia, membuatnya sangat tidak stabil di mana dinamika naik-turunnya (harga minyak) masih kerap terjadi," kata Arifin dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR via telekonferensi, Senin 4 Mei 2020.

Arifin memastikan, harga BBM di Indonesia masih merupakan salah satu yang termurah di antara negara-negara ASEAN lainnya. Bahkan, jika dibandingkan dengan beberapa negara di dunia.

Selain itu, volume penjualan BBM dalam negeri pun diakui Arifin mengalami penurunan signifikan mencapai sekitar 26,4 persen pada April 2020. Itu jika dibandingkan dengan bulan Januari dan Februari atau sebelum wabah corona merebak.

Berita Terkait
hitlog-analytic