Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Percaya Speedometer, Ini Cara Hitung Kecepatan Asli Motor

Speedometer motor
Sumber :

100kpj – Sepeda motor pasti dibekali panel instrumen yang memuat informasi seputar kendaraan. Salah satunya, alat pengukur kecepatan atau sering disebut speedometer. Jika ingin memastikan kecepatan saat sedang melaju, alat itu menjadi satu-satunya acuan yang digunakan.

Padahal, informasi kecepatan yang ditampilkan speedometer tidak sepenuhnya akurat. Dilansir dari The Globe and Mail, Selasa 14 Januari 2020, seluruh alat ukur kecepatan di kendaraan, baik mobil dan motor memang dibuat tidak benar, alias ditambah-tambahkan. Jadi, angka yang tertera di speedmoter itu jauh lebih tinggi dibandingkan laju asilnya.

Speedometer Vespa Primavera S 150

Menurut pakar otomotif asal Kanada, Thomas Tetzlaff, seluruh pabrikan sepakat melakukan hal tersebut untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Sebab, dengan demikian, sang pengemudi akan berpikir bahwa dirinya sudah melaju terlalu kencang hingga harus mengurangi kecepatannya.

“Speedometer selalu menunjukkan angka lebih kencang dari laju aslinya. Bukan curang, tapi hal tersebut memang sudah tertuang di dalam International Agreements (kesepakatan global) soal produksi kendaraan,” ujar Tetzlaff.

Speedometer digital.

Nah, jika speedometer ternyata tak bisa dipercaya, lantas bagaimana cara menghitung kecepatan sepeda motor yang tepat dan akurat?

Berita Terkait
hitlog-analytic