Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Keren, Beredar Sketsa Honda PCX Terbaru Bakal Dibekali Airbag

Sketsa Honda PCX dengan airbag.
Sumber :

100kpj – Honda baru-baru ini telah mengungkap paten dari Honda PCX terbaru. Ada hal yang menarik dari motor pesaing Yamaha NMAX ini, yaitu bakal tertanamnya fitur airbag alias kantung udara.

Fitur tersebut selama ini dikenal hanya dibekali pada kendaraan roda empat. Fitur sendiri dimaksud untuk melindungi pengendara dari dampak benturan ketika mengalami kecelakaan.

Seperti dikutip Visordown, Jumat 10 Januari 2020, sebenarnya ide airbag pada sepeda motor sudah ada cukup lama. Namun masalah utama kenapa airbag pada motor hingga kini belum diterapkan adalah soal desain untuk mengemasnya di sepeda motor.



Berbeda dengan mobil yang punya banyak kompartemen untuk menyembunyikan sebuah airbag. Dan kini Honda mulai membuat paten ini untuk diterapkan di skutik premium mereka, PCX 150.

Dari sketsa paten yang beredar, rencananya airbag itu akan disimpan di konsol depan sepeda motor.

Cara kerja

Menurut sketsa, airbag akan disimpan di komparteman penyimpanan tangki udara di sekitar area depan. Panel ini akan diberikan sensor untuk bisa mendeteksi kejutan yang nantinya diatur kapan akan keluar, dan berkaitan dengan seberapa besar hantaman. Airbag ini akan disimpan di kaleng gas terkompresi.

Jika melihat fungsinya, kemungkinan Honda bermaksud agar airbag dapat melindungi tubuh bagian atas dan kepala. Sebab dari banyak kasus, area inilah yang menyumbang peranan besar penyebab kematian bagi pengendara saat terjadi kecelakaan.

Belum jelas kapan Honda akan merilis PCX dengan fitur airbag. Banyak orang mungkin berpikir bahwa ide ini masih terlalu jauh untuk dieksekusi. Namun jangan lupa bahwa Honda sudah menerapkan teknologi ini pada motor gedenya seperti Honda Gold Wing Tour DCT.

Baca Juga: Bocoran Harga Kawasaki Ninja 4 Silinder, Mepet-mepet CBR250RR?

Berita Terkait
hitlog-analytic