Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penjualan Sepeda Motor Mulai Melambat, Ini Komentar AISI

Booth Suzuki di ICE BSD
Sumber :

100kpj – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI belum lama ini merilis data penjualan sepeda motor di tanah air per Oktober 2019. Dibandingkan bulan sebelumnya, bulan ini mengalami kenaikan yang terbilang lumayan, yakni berkisar 32 ribuan unit.

Namun, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, angkanya mengalami penurunan hingga dua persen. Dari 610.332 unit pada Oktober 2018 menjadi hanya 597.979 unit. Bahkan sepanjang tahun ini, penjualan sepeda motor di Indonesia hanya tumbuh 4,2 persen. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menembus tujuh persen peningkatan.

Booth Honda Motor

Menurut Ketua Bidang Komersil AISI, Sigit Kumala, penjualan sepeda motor tahun ini terbantu dengan capaian pada semester awal. Sebab, sejak Januari hingga Mei, penjualan kuda besi di tanah air mampu stabil di angka 550 ribu unit. Barulah pada Juni, angkanya merosot tajam menjadi hanya 350 ribuan unit saja.

Meski demikian, penjualan motor secara tahunan masih mampu mencapai performa positif. Secara detail, capaiannya ialah 5.517.630 unit atau naik 3,4 persen dari periode sama tahun sebelumnya.

Ilustrasi booth Honda Motor

Saat disinggung mengenai hal tersebut, Sigit mengaku percaya, bahwa target penjualan yang telah pihaknya tetapkan, yakni 6,4 juta unit, akan bisa tercapai sebelum pergantian tahun nanti. Artinya, di sisa waktu yang ada, produsen sepeda motor harus mampu menjual 450 ribu unit produk per bulannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic