Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kisah Montir Bengkel Motor Kini Jadi Konglomerat Berharta Rp30 T

Ilustrasi bengkel motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Mata publik kini banyak yang tertuju pada orang-orang terkaya di China. Bagaimana tidak, jumlah kekayaan orang-orang terkaya di China, saat ini banyak yang melampaui harta orang-orang terkaya di Amerika Serikat (AS).

Salah satunya adalah Li Gaiteng. Saat ini, Li masuk dalam 100 orang terkaya 2019 versi Forbes. Dia masuk ke peringkat 91 dengan total kekayaan sekira US$2,2 miliar atau sekitar Rp30 triliun.

Seperti dikutip Forbes, Senin 28 Oktober 2019, jika melihat latar belakang konglomerat yang satu ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Li dahulu merupakan seorang montir bengkel yang kini naik derajat. Li dahulu bekerja sebagai seorang mekanik di bengkel motor. Pekerjaan itu ia lakoni sejak 1993 hingga 1995.

Dengan segala jerih payah, Li akhirnya berhasil mendirikan Shanghai Flyco Electrical Appliance, perusahaan pembuat peralatan perawatan pribadi, seperti pisau cukur listrik dan pengering rambut pada 1999.



Lalu, Li dan sang istri Ling Yu’e mulai membuka Flyco di Shanghai pada 2006. Istrinya menjabat sebagai direktur eksekutif di Flyco.

Setelah menjalankan perusahaan bertahun-tahun, pada 2015 pendapatan Flyco mencapai 2,8 miliar yuan (US$431 juta) naik 16 persen dari tahun sebelumnya dan laba bersihnya mencapai 501,7 juta yuan (US$77 juta) melonjak 35 persen.

Pada April 2016 lalu, Li akhirnya mendaftarkan perusahaannya di Bursa Efek Shanghai. Pada hari pertama perdagangan, saham perusahaan naik 44 persen melampaui batas atas harga. Li memiliki 88 persen saham Flyco.
Berita Terkait
hitlog-analytic