Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kegerahan di Jalan, Pengendara Ini Pasangkan AC di Helm

Helm Arai Rapade Neo.
Sumber :

100kpj – Panasnya perjalanan dan harus terjebak macet saat mengendarai sepeda motor adalah yang menyebalkan. Namun, kini ada helm yang menggunakan pendingan layaknya AC hingga membuat kita tetap nyaman saat berkendara.

Ketika memakai helm berjenis full face, kamu bisa tiba di tempat tujuan dalam kondisi basah keringat, itu pun jika tidak lebih dulu pingsan akibat kekurangan oksigen. Berbeda dengan jenis half-face.

Penderitaan itu juga dialami oleh seorang ilmuwan asal India, Sandeep Dahiya. Ia merasakan betapa repotnya harus mencopot helm dan meletakkannya di atas tangki, kemudian mengenakannya kembali ketika lampu berubah menjadi hijau.

Hingga akhirnya, Sandeep merancang sebuah alat yang bisa membantu pengendara motor terbebas dari gerah dan panas. Hal itu dilakukan di garasi rumahnya, yang juga berfungsi sebagai bengkel.

Dikutip dari Indiatimes, alat penyejuk helm rancangan Sandeep terdiri dari dua bagian, yakni kotak yang dibawa layaknya tas ransel dan selang.



Selang berfungsi sebagai penyalur udara sejuk ke dalam helm. Hawa dingin itu didapat dari perangkat yang biasa dipakai di pesawat luar angkasa, namun tersedia di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Perangkat yang dimaksud adalah peltier, yakni lempengan tipis yang dialiri oleh arus listrik dari aki. Satu sisi lempengan itu akan berubah menjadi dingin, sementara satu lagi panas. Hawa panas tersebut kemudian dibuang menggunakan kipas.

Sejuknya udara yang diembuskan ke dalam helm, tergantung dari seberapa banyak panas yang berhasil dibuang. Sebagai catatan, perangkat ini biasa dipakai di pendingin minuman yang tersedia untuk mobil.
Berita Terkait
hitlog-analytic