Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sering Mengalami Kecelakaan, Nantinya Motor di Indonesia Wajib Punya Fitur Ini

Kecelakaan Honda CBR1000RR SP dan Daihatsu Ayla
Sumber :

100kpj – Ada berbagai faktor kecelakaan motor di jalan raya, namun sebagian besar disebabkan kesalahan pengendara itu sendiri, alias human error. Maka untuk meminimalisirnya motor perlu memiliki fitur keselamatan.

ASEAN NCAP yang merupakan lembaga penentu keselamatan mobil di Asia Tenggara menganggap bahwa motor perlu memiliki fitur ABS (anti-lock braking system) seperti mobil untuk meminimalisir kecelakaan di jalan.

Ducati 848 kecelakaan tunggal anggota TNI

Melalui data Korlantas Polri selama beberapa bulan di 2023 kecelakaan lalu lintas sudah mencapai 155 ribu kasus, dan diperkirakan akan terus meningkat. Dari angka tersebut 70 persen kecelakaan disumbang sepeda motor.

Penyebab kecelakaan terjadi, 61 persen karena kesalahan manusia yang berkaitan dari kemampuan, serta karakter pengemudi, lalu 9 persen faktor teknis kendaraan, dan 30 persen faktor prasarana dan lingkungan. 

Technical Committee ASEAN NCAP, Adrianto Wiyono mengatakan, faktor human error tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, kesadaran ini menjadi kunci untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif. 

Salah satunya menurut Wiyono adalah menyematkan teknologi keselamatan, seperti sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS yang berperan krusial dalam menanggulangi faktor kesalahan manusia. 

Berita Terkait
hitlog-analytic