Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Unjuk Gigi Kualitas Rangka di Tengah Masalah Rangka eSAF Motor Honda

Bongkar rangka Yamaha NMAX
Sumber :

100kpj - PT Astra Honda Motor (AHM) sedang diterpa isu rangka eSAF (enhance Smart Architecture Frame), sasis yang terbuat dari plat baja itu digunakan Honda Genio, BeAT terbaru, Scoopy, dan Vario 160.

Sebelumnya ramai di media sosial pengguna motor matik Honda mengeluhkan kekuatan, dan kualitas rangka eSAF, ada sebagian video beredar yang memperlihatkan sasis tersebut berkarat, keropos, hingga patah.

Rangka tubular motor Yamaha

Buntut dari kasus itu menarik perhatian instansi negara, salah satunya Kementerian Perhubungan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang membentuk tim khusus untuk investasi rangka eSAF di pabrik AHM.

Di tengah isu tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai brand pesaing berat Honda, mencoba unjuk gigi dengan memperlihatkan cara pembuatan sasis tubular, atau underbone yang digunakan pada lineupnya yang diproduksi di Pulogadung, Jakarta Timur.

Presiden Direktur dan CEO YIMM, Dyonisius Beti mengatakan, Yamaha mempelajari kondisi cuaca di Indonesia, sehingga bahan baku yang digunakan, dan desain dari sebuah rangka motor telah disesuaikan kualitasnya.

"Di Indonesia kelembapannya tinggi, jadi karat itu bukan hanya di motor. Sehingga dari drenase air itu kita perhatikan (membuat lubang di beberapa titik sasis untuk pengeluaran air). Ditambah tingkat keasaman yang tinggi," ujar Beti di Pabrik Yamaha Pulogadung, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic