Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jasa Raharja dan Polisi Tolak Beri Santunan ke Pengendara Motor Lawan Arah di Lenteng Agung

Pengendara motor lawan arah di Depok
Sumber :

100kpj – Pengendara motor yang ditabrak truk di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dinilai tak pantas mendapat santunan. Hal tersebut disampaikan oleh pihak Kepolisian dan juga Jasa Raharja.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi, mengatakan 7 unit sepeda motor yang ditabrak truk melanggar lalu lintas. Maka itu menyebabkan risiko kecelakaan, dan tak laya dapat santunan.

“Ketidaktaatan pengendara roda dua terhadap aturan yang berlaku menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Tentunya hal ini sangat disayangkan dan bagi pengendara yang menyebabkan terjadinya laka tidak layak mendapatkan santunan. Semoga hal ini menjadi pembelajaran bagi pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas," ujar Firman kepada wartawan, Rabu 23 Agustus 2023.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, mengaku sudah berkordinasi dengan pihak Polantas. Menurutnya, jika sesuai aturan maka para pengendara motor tersebut tidak mendapat jaminan asuransi dari pihaknya.

"Jika merujuk pada UU No 34/1964 Juncto PP No 18/1965, bahwa bagi pengemudi/pengendara yang mengalami kecelakaan dan merupakan penyebab terjadinya tabrakan dua atau lebih kendaraan bermotor, maka Jasa Raharja tidak menjamin," kata Rivan.

Pengendara motor lawan arah di Depok

Lanjut Rivan, kategori korban kecelakaan lalu lintas lain yang tidak berhak mendapat santunan Jasa Raharja, di antaranya korban kecelakaan tunggal, korban kecelakaan karena menerobos palang pintu kereta api, korban yang mengalami kecelakaan terbukti sedang melakukan kejahatan semisal maling yang mengebut di jalan karena ingin kabur.

Berita Terkait
hitlog-analytic