Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Orang Eropa Lebih Suka Motor Matik Mesin Kecil, Buktinya Honda PCX 125 Paling Laku

Honda PCX terbaru dengan mesin 125cc
Sumber :

100kpj – Di Indonesia motor matik masih menjadi primadona, penjualannya selalu lebih tinggi dari motor jenis lain seperti bebek, naked bike, atau sport. Tidak heran jika hampir semua produsen menawarkan produk sejenis.

Motor matik yang beredar di pasar Indonesia memiliki spesifikasi, dan desain yang berbeda-beda. Untuk jenis matik, dua brand Jepang, yaitu Honda, dan Yamaha masih menjadi penguasa pasar.

Mesin dan CVT Honda PCX 125

Namun tidak semua motor Honda, dan Yamaha di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama seperti di negara lain. Contohnya PCX jika di dalam negeri memiliki mesin 160cc, sedangkan di Eropa mesinnya 125cc.

Begitu juga Yamaha XMAX, maxi skuter itu dikenal dengan enjin 250cc, namun di benua biru tersedia 125cc. Menariknya, produk-produk tersebut adalah buatan Indonesia yang di ekspor ke sejumlah negara di Eropa.

Melansir Rideapart, Rabu 1 Februari 2023, sepanjang 2022 PCX 125 menjadi motor paling laris di negara bagian Eropa, yaitu Spanyol. Matik besutan brand berlambang sayap mengepak itu berhasil terjual 8.361 unit di tahun lalu.

Dapur pacu PCX terbaru itu dibenamkan eSP+ dengan 4 katup. Sehingga tenaga mesin satu silinder DOHC itu lebih besar dari Vario 125 di Indonesia, yakni mencapai 12 dk di 8.750 rpm dan torsi 11,8 Nm di 6.500 rpm.

Berita Terkait
hitlog-analytic