Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bikin SIM Kini Bayarnya Bisa Pakai Sampah, Gimana Caranya?

Smart SIM.
Sumber :

100kpj – Surat Izin Mengemudi atau SIM menjadi hal wajib yang dimiliki oleh pengendara motor atau pun mobil. Biaya pembuatan dan syaratnya pun tergantung dengan jenis SIM yang diajukan oleh pemohon.

Namun, menariknya bagi Anda yang tinggal di sekitaran kota Cirebon, bisa membayar pembuatan SIM dengan sampah. Seperti dilansir dari lama Korlantas Polri, Senin 9 Januari 2023.

Kebijakan yang dibuat Satpas Polresta Cirebon ini dalam program Green Service. Di mana, pelayanan pembuatan SIM dan bisa dibayar menggunakan sampah.

Bekerja sama dengan 10 titik bank sampah, mereka sudah melayani sekitar 49 warga yang membuat SIM dengan memanfaatkan keberadaan bank sampah.

Salah satu bank sampah ada di SMP Negeri 1 Talun, yang sudah lebih dari tiga tahun membuka layanan itu. Saat ini bank sampah tersebut dipercaya oleh Satpas Polresta Cirebon, melayani masyarakat yang ingin menjual sampah untuk pembuatan SIM.

Warga terlebih dahulu mengumpulkan sampah non-organik yang mempunyai harga jual, seperti botol plastik, besi dan tembaga. Nantinya, sampah itu disetorkan ke bank sampah dan ditimbang.

Ujian praktik SIM
Berita Terkait
hitlog-analytic