Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertarungan Sengit Low SUV, Xpander Cross Pukul Mundur Suzuki XL7

Xpander Cross
Sumber :

100kpj – Demi menghemat ongkos dalam menciptakan produk terbaru, sejumlah pabrikan mobil memanfaatkan satu platform untuk dikembangkan menjadi berbagai model. Hal tersebut dilakukan Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi dan Suzuki.

Toyota Avanza contohnya, awalnya mobil tersebut dilahirkan sebagai Low Multi Purpose Vehicle. Tapi karena kebutuhan pasar Sport Utility Vehicle (SUV) kelas bawah menjanjikan, platform mobil sejuta umat itu disulap menjadi Rush.

Baca juga: Mendarat Sebelum Pandemi, Gak Nyangka Suzuki XL7 Bisa Terjual Segini

Toyota All New Rush

Hal serupa juga dilakukan Daihatsu sebagai aliansinya, yang memanfaatkan rancang bangun Xenia untuk dijadikan Terios. Sejak Low SUV itu hadir di pasar, penjualan kedua merek yang berada di bawah naungan Astra itu melonjak. 

Melihat jejak keberhasilan kedua produk tersebut, Honda pun merilis mobil sejenis dengan nama BR-V yang dikembangkan dari Honda Mobilio. Selang beberapa tahun, Mitsubishi juga tidak mau ketinggalan merecoki pasar di segmen tersebut.

Pada November 2019 lalu, merek mobil berlogo Tiga Berlian itu meluncurkan Xpander Cross atau versi gagah dari Xpander. Kemudian memasuki Februari 2020, Suzuki akhirnya menghadirkan XL7 yang dibangun dari platform Ertiga. 

Berita Terkait
hitlog-analytic