Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gokil! Mobil Listrik Tesla Bakal Dijual Seharga Kijang Innova, Kapan?

Tesla Model S
Sumber :

100kpj – Pendiri Tesla, Elon Musk, memastikan mobil listrik besutannya bakal mengalami penurunan harga. Kendati baru sekadar wacana, namun jika kelak terealisasi, kata dia, jumlah penurunannya kemungkinan besar. Bahkan, banderolnya bisa setara mobil konvensional berbahan bakar bensin.

Dinukil dari The Verge, Jumat 16 Oktober 2020, Elon Musk berencana menekan biaya produksi baterai termasuk perangkat penunjangnya. Maka dengan begitu, pihaknya bisa menjual mobil listrik Tesla dengan harga sekira US$25 ribu atau setara Rp360 jutaan. Nominal tersebut sebanding dengan harga Toyota Kijang Innova di pasar Indonesia.

Baca juga: Mobil Eropa Harga ‘Kaki Lima’, Renault Triber AT Dijual Rp170 Jutaan

Tesla Model 3

Namun, harga yang disampaikan Elon Musk hanya berlaku di Amerika Serikat. Sementara di Indonesia, meski kemungkinan juga bakal turun, namun banderolnya masih terbilang tinggi. Sebab, ada sejumlah biaya administrasi dan pajak yang harus ditanggung.

“Saya pikir, untuk menjual mobil listrik seharga US$25 ribu (Rp360 jutaan) bukan perkara mustahil. Seandainya kita mau bekerja keras, saya kira kita bisa mewujudkan hal tersebut tiga tahun dari sekarang,” ujar Elon Musk dalam wawancara khusus bersama Youtuber Marques Brownlee.

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir Tesla telah mendorong penurunan harga mobil di Amerika Serikat. Misalnya, pada tahun 2018 lalu, harga rata-rata mobil listrik Tesla berkisar US$64.300 atau Rp950 juta per unit kendaraan, namun pada 2019 berhasil turun menjadi hanya US$55.600 atau Rp820 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic